Sabtu, 13 Juni 2020

Inilah Cara Sharing Printer Tanpa Ribet

Sharing Switch Printer Epson
Bermacam cara dilakukan oleh kantor maupun tempat usaha bahkan di rumah, untuk menghemat pembelian printer. Salah satunya dengan memanfaatkan 1 printer dapat dipakai untuk beberapa pc komputer maupun laptop dengan kata lain dapat di sharing. Pada saat sekarang ini teknologi yang disematkan pada printer generasi terbaru dari beberapa merek seperti canon hp epson dan lain sebagainya sudah menyediakan koneksi nirkabel atau wifi agar dapat di sharing / dipakai secara bersama-sama. Namun, agak merogoh kocek lebih dalam.
Jika printer kamu belum tersedia koneksi nirkabel, jangan berkecil hati. Karena dengan modal kisaran Rp. 100.000 - 200.000 kamu sudah bisa sharing printer tanpa ribet dengan rekan kerja.

Sharing Printer dengan kabel USB
Sharing Printer dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah sharing dengan menggunakan kabel LAN, sharing dengan menggunakan WIFI, dan sharing dengan menggunakan kabel USB. Kali ini kita akan membahas sharing printer dengan kabel USB.
Dengan menggunakan kabel usb sebagai perantara untuk dipakai beberapa pc/laptop, kamu tidak perlu banyak mensetting printer dan pc/laptop kamu. Yang dilakukan hanya instal driver, instal software, colok kabel usb dan klik Switch kamu bisa menggunakan printer dan sharing dengan pc/laptop lainnya. Dari windows xp sampai windows 10 semua bisa menggunakan printer.

Langkah-langkah sharing printer

  1. Pertama-tama, beli dulu alat sharing switchnya untuk printer ke pc/laptop, tinggal pilih sesuai kebutuhan (2 atau 4 port usb).
  2. Siapkan kabel usb printer.
  3. Instal driver sharing switch printer sampai selesai (jika belum punya, silahkan tulis emailnya di kolom komentar).
    Instal USBShare.exe
  4. Kemudian sambungkan kabel usb dari printer ke sharing switch.
  5. Sambungkan pula usb printer dari laptop ke sharing switch.
    usb printer - switch sharing

  6. Setelah device printer terbaca di laptop, cari di taskbar icon sharing switch. Klik kanan icon tersebut, lalu klik Switch.
  7. Atur device printer yang dipakai untuk pencetakan default.

Catatan:
Icon sharing switch di taskbar dapat menampilkan tiga status warna. Jika icon berwarna hijau, maka printer sudah tersambung. Jika icon berwarna kuning, maka printer belum tersambung. Jika icon berwarna merah, maka printer sedang digunakan oleh laptop lainnya.


Kira-kira begitulah langkah-langkah sharing printer dengan kabel usb ke beberapa laptop atau komputer menggunakan sistem operasi yang berbeda. Sekarang kamu bisa melakukan sharing printer tanpa settingan ribet dan pastinya tidak perlu beli printer baru lagi ya. Selamat berhemat.

 

Ad Placement