Kamis, 25 Juli 2013

Mengetahui Kecepatan Upload Download Internet (cFosSpeed)

Kali ini kptekno pengen share software yang sangat bermanfaat jika kita yang ingin memantau atau melihat maupun mengetahui kecepatan download serta upload koneksi internet yang kita pakai. Kecepatan upload dan download dapat dilihat menggunakan banyak software atau pun yang sudah terdapat pada status koneksi internet yang sedang berjalan (bawaan windows). Namun, menurut kptekno hanya software ini yang secara live dan akurat menampilkan data internet yang terupload (send) maupun terdownload (received). Grafik yang ditampilkan berada didepan semua jendela (on top) sehingga memudahkan kita untuk melihat apakah koneksi kita sedang lancar atau idle (bengong).

1. Tampilan Grafik Kecepatan Upload - Download, dan Ping
mengetahui-status-koneksi-internet
Software ini sangat banyak fitur unggulannya. Data yang ditampilkan terdiri dari grafik kecepatan download (berwarna orange) beserta angkanya, grafik kecepatan upload (berwarna hijau) beserta angkanya, dan besar kecilnya ping koneksi ke server. Dari screenshot yang kptekno tampilkan disini, angka 25 (satuan: ms) adalah ping ke server, angka 3.3K (satuan: KiloByte) adalah kecepatan download, dan angka 951.0 (satuan: Byte) adalah kecepatan upload. Kalau kptekno salah menafsirkan satuan ini, tolong dikoreksi ya teknoers. Tampilan (skin) dari grafiknya juga bisa diubah sesuai selera teknoers dengan cara:
- Klik kanan ikon cFosSpeed di quick launch taskbar
- Pilih Windows Settings
- Nama Network / Koneksi
- Select Skin
- Cari yang sesuai dan klik.
Dari windows settings tersebut, teknoers juga bisa mengubah apakah grafik yang ditampilkan bisa diklik atau tidak. Dengan cara memencentang Clik-through, maka grafiknya tidak bisa diklik.

2. Pengaturan Prioritas Bandwidth dan Ping Server
mengatur-bandwidth-atau-ping
Fitur berikutnya yaitu fitur koneksi berdasarkan favor bandwidth atau ping. Dengan memilih fitur bandwidth maka teknoers lebih memprioritaskan besaran data masuk dan keluar untuk koneksi, sedangkan fitur ping maka teknoers memprioritaskan balasan / waktu yang cepat untuk menyambung ke server. Yang suka download pilih Favor Bandwidth sedangkan yang suka browsing pilihlah yang Favor Ping Time. Caranya:
- Klik kanan ikon cFosSpeed di quick launch taskbar
- Pilih Traffic Shaping
- Klik Favor Bandwidth / Favor Ping Time

3. Pengaturan Prioritas Akses Internet untuk Program / Software yang digunakan
mengatur-program-internet-prioritas
Tadi adalah fitur untuk prioritas koneksi, ada lagi fitur yang tak kalah pentingnya yaitu fitur untuk memilih prioritas software atau program yang dijalankan menggunakan internet. Misalnya kita ingin memprioritaskan agar koneksi internet digunakan untuk program browser mozilla, karena biasanya program-program lain yang tidak kita ketahui seperti automatic update antivirus atau windows berjalan dengan sendirinya dan akan memperlambat akses internet mozilla. Cara mengatur untuk prioritas ini yaitu:
- Klik kanan ikon cFosSpeed di quick launch taskbar
- Klik Options, pilih Settings
- Maka jendela cFosSpeed akan terbuka
- Arahkan kursor ke gambar gear dekat tombol minimize (-) dan close (x), klik gear tersebut.
- Maka akan terbuka jendela Advanced Mode
- Pilih Program, cari di salah satu sub menunya
- Jika sudah ketemu, ubah Set priority-nya menjadi High. Lakukan hal serupa untuk program yang menurut teknoers perlu diprioritaskan, dan ubah pula program yang menurut teknoers tidak terlalu diprioritaskan. Ubahlah program yang kira-kira teknoers kenal betul.
Jika program yang diinginkan tidak ketemu, masukkan program mozilla atau program lain (misalnya game online) yang ingin diprioritaskan aksesnya, dengan cara:
- Klik New program
- Klik Search
- Cari program tersebut, pilih dan klik Open
- Atur settingan prioritasnya
- Klik Add

4. Melihat Program / Software yang Sedang Menggunakan Akses Internet
melihat-program-internet
Fitur lainnya, teknoers dapat melihat dan mengetahui program apa saja yang sedang berjalan dan menggunakan akses koneksi internet kita. Hal ini dapat mencegah malware yang menghubungkan laptop atau pc yang kita pakai dengan server mereka. Cara mengetahuinya, yaitu:
- Klik kanan ikon cFosSpeed di quick launch taskbar
- Klik Current Connections
- Maka akan ditampilkan program-program tersebut beserta server yang dihubungkan.
Masih banyak fitur-fitur lainnya yang terdapat pada software ini seperti pengaturan protocol, silahkan teknoers eksplorasi dengan bantuan mbah Google. Bahkan forum di kaskus juga ada yang bikin thread tentang cFosSpeed ini lho.
Jika teknoers tertarik dengan software ini silakan download DI SINI
Sebenarnya, versi cFosSpeed yang kptekno bagikan ini adalah versi yang dikhususkan untuk pengguna Asus, tetapi kptekno menggunakan laptop Acer dan ditest ke PC yang menggunakan Motherboard AMD juga bisa kok. Kelebihan dari versi ini adalah kita tidak perlu menggunakan patch atau krak atau trial resetter untuk cFosSpeed. Jadi, versi ini bisa dibilang versi cFosSpeed Full Version yang legal / resmi.
Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Poskan Komentar