Sabtu, 13 Juli 2013

Agar Mozilla Firefox Bisa Save and Quit

Dulunya browser internet terpopuler ini (Mozilla Firefox), kalau kita ingin menutup browser dengan tab lebih dari satu maka akan keluar pemberitahuan apakah halaman yang masih terbuka mau disimpan dan dibuka kembali saat browser dijalankan sewaktu nanti dibuka atau tidak. Tetapi sekarang secara default firefox sudah menghilangkan fungsi tersebut, dan menggantinya dengan pemberitahuan menutup tabs yang terbuka saja (Confirm close => Close tabs). Mungkin hal itu bertujuan agar tidak membebani kinerja laptop / PC kita.

Sebenarnya sebagian user (bahkan kptekno) menganggap fungsi tersebut (Save and Quit) sangat membantu jika ingin membuka kembali halaman yang ditutup sebelumnya. Agar lebih cepat mengakses kembali halaman yang telah ditutup tadi. Nah, bagaimana cara mengatur atau mengembalikan fungsi itu lagi pada mozilla firefox terbaru?

Berikut ini cara untuk mengatur agar mozilla firefox terbaru dapat menampilkan pemberitahuan save and quit (simpan dan keluar) saat kita menutupnya disertai dengan gambar agar teknoers tidak bingung:
- Buka Tab Baru (Hotkey: Ctrl + T), kemudian ketik about:config pada address bar, tekan Enter.
ketik-address-bar-firefox
- Maka akan keluar halaman peringatan, klik saja I’ll be careful, I promise!
halaman-peringatan-about-config-firefox
- Pada bar Search ketik browser.showQuitWarning
value-save-and-quit-firefox

- Ubah nilainya dari False menjadi True dengan cara klik dua kali
ubah-save-and-quit-firefox
- Tutup tab tersebut / mozilla firefox, dan selesai.
fungsi-save-and-quit-bekerja

Lakukan percobaan dulu ya teknoers apakah keluar pemberitahuan save and quit atau tidak dengan cara membuka beberapa tab dan kemudian tutup mozilla firefox-nya.

2 komentar

 

Ad Placement