Rabu, 10 Juli 2013

Cara Perbaiki Ketikan Word Bergaris Merah

Sebenarnya saat mengetik tulisan bergaris bawah warna merah di word 2007 adalah suatu bantuan dari Microsoft word terutama di Microsoft word 2007 untuk mengkoreksi kata-kata yang salah. Hal itu sangat membantu agar kita dapat memperbaikinya. Namun jika teknoers menggunakan Microsoft word 2007 yang masih standar atau belum pernah ditambahkan plug-ins-nya maka dapat dipastikan deteksi bahasa tersebut masih mendeteksi bahasa inggris. Sehingga apa yang kita tulis dalam bahasa Indonesia maka akan ditandai sebagai kesalahan grammar / penulisan. Bahkan biasanya saat kita mengetik tulisan "teh" akan berubah dengan sendirinya menjadi "the". Sangat mengganggu sekali bukan ? Bagaimana sih cara menghilangkan garis merah tersebut ?!
Hal-hal yang kptekno sebutkan diatas adalah beberapa tugas dari "Check Spelling and Grammar". Jika teknoers menon-aktifkannya maka ketikan bahasa apapun di word 2007 tidak akan dideteksi sebagai suatu kesalahan, tetapi jika memang ada kata yang salah maka tidak akan dihiraukan lagi oleh word 2007.
Jadi, bagaimana supaya bahasa inggris dan bahasa indonesia yang kita tulis dapat dideteksi jika terjadi kesalahan pengetikan dengan tanda bergaris warna merah tersebut?
Teknoers dapat menggunakan plug-ins kamus bahasa indonesia untuk mengatasinya dan tidak perlu menghilangkan kamus bahasa inggris dalam database word 2007 tersebut. Sehingga saat kita mengetik bahasa indonesia terjadi kesalahan maka akan dideteksi, dan jika kita mengetik dalam bahasa inggris terjadi kesalahan maka juga akan dideteksi. Akhirnya teknoers dapat memperbaikinya kembali.
Berikut ilustrasinya sebelum menggunakan plug-in ini di word 2007:
salah-ketik-kata-word
Kacau banget ya, hampir semua ketikannya bergaris merah. Coba bandingkan dengan yang menggunakan plug-in kamus bahasa indonesia:
ketikan-setelah-menggunakan-plugin-indonesia
Bagaimana teknoers? Tertarik juga untuk menggunakannya? Simak penjelasan berikut ini untuk cara pemasangannya:


1. Klik  Ikon MS. Office ==> Word Option


2. Klik Tab "Proofing" ==> Custom Dictionaries
menu-untuk-setting-kamus

3. Terbuka Jendela Custom Dictionaries ==> Klik Tombol "Add"
menambahkan-kamus-indonesia


4. Cari Direktori Folder Kamus Bahasa Indonesia yang udah kamu simpan ==> Klik Filenya ==> Open
memilih-kamus-indonesia

5. Hilangkan tanda centang pada "CUSTOM.DIC (Default) ==> Jika muncul kotak dialog...."Do you want continue? Klik "Yes"
tambahkan-mengganti-kamus-indonesia

6. Kemudian klik "OK"....trus "OK"....
7. Selesai
Nah, mudah kan untuk menggantinya? Ingat ya teknoers, "CUSTOM.DIC" jangan dibuang atau didelete. Cukup hilangkan centangnya saja.
Jika terjadi kendala saat menginstalnya atau kamus tidak bekerja / berfungsi dengan baik, silahkan komen di kolom komentar dibawah ini. Kalau gak salah, kamus ini juga bisa kita tambahkan lagi kata-katanya, coba aja bereksperimen. Untuk Office Word sebelum 2007 atau Office Word 2010 dan varian terbarunya dicoba aja ya. Kalau file extensinya sama-sama ".dic" berarti masih bisa diinstal.
Oh iya, ini file downloadnya gratis untuk semua teknoers yang telah berkunjung: DOWNLOAD

2 komentar

  1. terima kasih banyak ya. saya sedang mencari informasi tentang bagaimana cara memeriksa ejaan bahasa indonesia di word untuk tugas makalah saya. akhirnya ketemu juga

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Mudah mudahan makalahnya cepat selesai & memiliki kualitas wtiting yang bagus

    BalasHapus

 

Ad Placement