Rabu, 03 Juli 2013

Penyebab RAM Rusak dan Cara Mengatasinya

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pengoperasian proses sebuah PC. Dimana, komponen ini bertugas untuk menyimpan data secara sementara saat teknoers menggunakan PC. Aplikasi atau software yang sedang dibuka membutuhkan RAM agar bisa berjalan. RAM memiliki kapasitas yang berbeda-beda, semakin besar RAM maka akan semakin banyak ruang untuk keseluruhan proses yang dijalankan. Semakin banyak aplikasi atau software yang diinstal maka akan semakin banyak ruang RAM yang diperlukan. Pada umumnya Operating System biasanya sudah mengatur proporsi pemakaian untuk proses penting sistem agar dapat diprioritaskan (tidak terjadi crash), dan mematikan (idle) proses yang tidak penting / tidak dipakai.
Dari segi proses RAM dibedakan menjadi RAM fisik dan RAM virtual. RAM fisik adalah RAM yang secara fisik sudah dibenamkan pada PC sedangkan RAM Virtual adalah RAM yang dibuat oleh user untuk membantu kinerja RAM fisik. RAM Virtual memerlukan kapasitas dari Hard disk dan dapat diatur besar kecil kapasitasnya sedangkan RAM fisik memiliki kapasitas tersendiri dan untuk membesarkan kapasitasnya dengan cara menambah RAM baru.
Teknoers dapat melihat RAM yang digunakan secara detil dengan software Speccy. Gambar berikut adalah RAM yang kptekno pakai:
cara-melihat-spesifikasi-ram
klik untuk perbesar
Jika teknoers adalah orang yang memakai PC dengan kebiasaan membuka aplikasi lebih dari satu secara bersamaan (multitasking) dan suka ngegame, sebaiknya menggunakan RAM yang besar untuk membantu kinerja processor dan VGA agar tidak cepat rusak. Jika RAM dipaksakan maka akan mengalami kerusakan. Jadi, apa saja faktor yang menyebabkan RAM cepat rusak? Dari beberapa literatur yang saya baca, RAM dapat rusak karena beberapa faktor dibawah ini:

1. Tegangan atau pasokan listrik yang tidak stabil ==> Terjadi karena menggunakan Power Supply yang murahan sehingga listrik yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan komponen dalam CPU termasuk RAM, dan voltase listrik rumah yang rendah sedangkan barang elektronik lainnya lebih kuat menyedot listrik dibanding PC.
Cara Mengatasinya: Pakailah Power Supply yang bagus dan bermerek, jangan membeli Power Supply second karena Power Supply merupakan nyawa bagi PC. Ingatlah tanpa power supply, PC tidak akan dapat menyala. Gunakan stabilizer atau UPS untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi PC teknoers.

2. Slot RAM atau kuningan pada RAM kotor / lembab ==> Terjadi karena casing CPU yang dibuka dan dibiarkan berdebu. RAM atau slotnya yang berdebu dapat menyebabkan konslet atau kegagalan dalam proses kerja RAM. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan jamur menempel pada bagian kuningan RAM sehingga dapat menghambat proses. Sering memegang kuningan RAM secara langsung dapat menyebabkan RAM cepat rusak karena gelombang elektrostatis dari jari-jari menyumbang konsleting RAM.
Cara Mengatasinya: Bersihkan RAM. Berdasarkan literatur dan pengalaman kptekno, RAM dapat dibersihkan dengan menggosokkan karet penghapus (ATK) ke bagian yang kotor. Insyaallah berhasil.

3. Memaksa kinerja RAM (Overclocking) ==> Biasanya dilakukan oleh gamer dan progammer untuk mendapatkan memori lebih atau melampaui dari apa yang seharusnya, padahal ini akan memperbesar resiko RAM cepat rusak. Memang terasa perbedaannya jika RAM sudah di overclock, tapi resiko tanggung sendiri. Overclock biasanya juga akan menyebabkan RAM menjadi panas sehingga sirkuit RAM menjadi rusak.
Cara Mengatasinya: Belilah RAM yang baru atau yang second juga boleh sesuaikan dengan tipe RAM teknoers, DDR generasi ke berapa.

Untuk saat ini hanya itu saja yang kptekno ketahui mengenai penyebab RAM menjadi rusak dan cara mengatasinya. Jika ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi tulisan ini harap coret-coretnya di kolom komentar.

22 komentar

  1. PT. Metalogic Informatika adalah usaha di bidang Konsultan Komputer, Maintenance Komputer, Service dan Reparasi Komputer.

    Kami juga menyediakan dan memasok berbagai macam kebutuhan komputer baik itu partai besar / partai kecil dengan harga kompetitif dan sangat menarik.Melayan i pemesanan di Jabodetabek dan seluruh propinsi di Indonesia

    Silahkan KONSULTASIKAN PROBLEM KOMPUTER anda

    Untuk Info lebih lanjut Hub :

    Herry HP 081808848274
    021 5324790 – 92 atau klik http://www.metalogic.co.id

    BalasHapus
  2. Komputerku window xp rusak,lampu led nyala pada lcd bertuliskan no signal,apa ya yg rusak..gimana langkah memperbaikinya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali Vacation. Itu disebabkan karena salah satu keping ram anda rusak.Karena bila ada salah satu keping ram yang rusak maka komputer tidak akan mau menyala.Untuk tulisan no signal tersebut disebabkan karena layar LCD tidak mendapat apa apa dari kabel VGA, sehingga layar LCD hanya mendapat pasokan listrik saja.Sehingga ada tulisan No signal. Setau saya untuk mengatasi ram yang rusak yaitu dengan menggesekan penghapus pada bagian ram bagian bawah yang merwarna keemasan.Ulangi beberapa kali ,tapi jangan sampai ada sisa serpihan penghapus yang menempel pada bagian tersebut.Pasang kembali RAM tsb.Jika tidak bisa ,terpaksa hatrus beli RAM baru.Itu saja

      Hapus
  3. Klo dr pengalaman saya sih coba lepasin Ramnya dan pasang lagi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, kemungkinan pada saat pc dipindahkan atau adanya benturan / posisinya tidak stabil, bisa menjadi salah satu penyebab ram bergeser tidak tepat pada posisinya. Langkahnya seperti yang agan lakukan, lepas dulu ramnya setelah itu pasang kembali

      Hapus
  4. lcd netbook saya ada garis garis banyak gitu gan,, seolah pelangi, tetapi ianya berwarna putih,,
    apakah itu ram nya yang rusak atau lcd nya yg rusak

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Senang bisa membantu gan. Laris manis jualannya gan

      Hapus
  7. Laptop saya susah nyala, tiap dinyalakan Mati terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mainboardnya mbak. Bisa dijelaskan lebih spesifik mbak? Matinya pas kapan atau berapa lama setelah dihidupkan?

      Hapus
  8. Sama sama gan. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  9. bagi yang punya hp android lenovo, disini ada tutorial untuk backup maupun restore data hp ya. buat jaga2 kalau ngehang atau mau jual
    https://kptekno.blogspot.com/2020/06/cara-backup-dan-restore-data-hp-android.html

    BalasHapus

 

Ad Placement